Breaking

Senin, Mei 21, 2012

Pragmatik bahasa Jawa


Nama : Dwi Taryanto
Prodi  : sastra Jawa
Nim    : 2151406010
MK    : Pragmatik bahasa Jawa

Macam-macam bidal beserta contohnya:
1.      Bidal ketimbangrasaan didalam prinsif kesantunan memberikan petunjuk bahwa pihak lain didalam tuturan hendaknya dibebani biaya seringan-ringannya  tetapi dengan keuntungan yang sebesar-besarnya. Contohnya:
a.       Mangkat kuliah pragmatik.
b.      Mangkato kuliah pragmatik.
c.       Lah mbok nek gelem mangkat kuliah pragmatik.
d.      Nek senggang wektune mangkato kuliah pragmatik.
2.      Bidal kemurahhatian adalah bahwa pihak laindidalam tuturan hendaknya diupayakan  mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Contohnya:
a.       – Mlayumu cepet banget
– Ah biasa wae
b.      – Mlayumu cepet banget
– Sapa disik
3.      Bidal keperkenanan adalah petunjuk untuk meminimalkan penjelasan terhadap pihak  lain dan memaksimalkan pujian terhadap pihak lain itu. Contoh:
-          Nek kowe melu kuwi lewih apik.
4.      Bidal kerendahatian adalah berisi tentang naehat hendaknya memanimalkan pujian kepada diri sendiri akan tetapi bukan merendahdirikan penutur agar tidak terkesan sombong. Contoh:
a.       Aku iki wong ora terpelajar ko.
b.      Aku iki wong ora duwe ko pak.
5.      Bidal kesetujuan adalah bidal didalam prinsip kesantunan yang memberikan nasehat untuk meminimalkan ketidak setujuan antara pihak sendiri dan pihak orang lain. Contoh:\
a.        Nek semupamane roti kuwi aku pangan pie?
b.      Ya ora apa-apa.
a.       Nek seumpamane roti kuwi aku pangan pie?
b.      Ya pancen kudu dipangan
6.      Bidal kesimpatian adalah peminimalan antipati antara diri sendiri dan pihak lain dan memaksimalkan simpati antara diri sendiri dan pihak lain. Contoh:
a.       Aku melu priyatin karo apa sing dirasake kowe.
b.      Aku bener-bener ngrasa priayin karo apa sing dirasake kowe.

Tidak ada komentar: