No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa
memperhatikan informasi tentang pembelajaran menyimak
sandiwara.
(rasa ingin tahu)
2.
Siswa
bertanya jawab dengan guru mengenai sandiwara. (rasa
ingin tahu)
3.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70
menit)
Eksplorasi
1.
Siswa
mendengarkan dan mencermati contoh sandiwara yang didengar.(disiplin)
2.
Siswa
mencermati dan merumuskan maksud/ isi
sandiwara dan mencoba memberikan tanggapan.(kreatif)
Elaborasi
1.
Guru
menggeneralisasikan seluruh temuan siswa tentang isi dan tanggapan dari contoh sandiwara
yang di berikan.(tanggung
jawab)
2.
Siswa
mendengarkan sandiwara menemukan isi dan menanggapi sandiwara yang
diperdengarkan oleh guru.
(disiplin)
3.
Siswa
menuliskan maksud isi sandiwara serta mengungkapkan tanggapannya mengenai
sandiwara yang sudah didengar.(kreatif)
Konfirmasi
1.
Siswa
bertanya kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(jujur)
2.
Guru
mengonfirmasi siswa yang belum memahami materi
mendengarkan sandiwara ketoprak.
(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Kegiatan Akhir
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman mendengarkan sandiwara. (jujur)
2. Siswa menyimpulkan materi
mendengarkan sandiwara
pada hari itu.(kreatif)
3.
Siswa
mencatat pesan/ tugas tentang rancangan materi berikutnya.
(rasa ingin tahu)
|
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal (5 menit)
1. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang cara berdialog yang santun. (rasa
ingin tahu)
2. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang manfaat percakapan
dengan unggah-ungguh yang santun.
(rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang cara berdialog yang santun. (disiplin)
2. Siswa
mencatat hal-hal penting berkenaan dengan materi percakapan. (kerja keras)
Elaborasi
1. Siswa
dibentuk dalam beberapa kelompok.(demokratis)
2. Masing-masing
kelompok membuat peta pikiran tentang
pokok-pokok dialog yang akan disampaikannya.(kreatif)
3. Masing-masing
kelompok mempraktikkan dialog yang dibuat dengan ragam bahasa Jawa krama di depan kelas. (percaya diri)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(mandiri)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi berdialog.(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Kegiatan akhir (5 menit)
1) Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman materi berdialog.
(mandiri)
2) Siswa menyimpulkan materi
pembelajaran berdialog hari itu. (kreatif)
3)
Siswa
mencatat pesan/ tugas tentang rancangan materi berikutnya.
(rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rentang
Nilai
|
|
3
5
2
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerita apa yang
dimiliki siswa yang berhubungan dengan adat istiadat di daerah
masing-masing. (rasa ingin tahu)
2. Siswa
dan guru bertanya
jawab tentang manfaat cerita adat idtiadat
bagi dirinya dan orang lain. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa mendengarkan dan
mencermati contoh cerita adat
oleh guru. (disiplin)
2. Siswa mencatat pokok-pokok
cerita. (kerja
keras)
Elaborasi
1. Siswa
menyebutkan adat istiadat Jawa di daerah masing-msing. (toleransi)
2. Siswa
menyusun kerangka cerita adat masing-masing. (kerja keras)
3. Siswa bercerita di depan kelas.
(percaya diri)
4. Siswa yang lain memberikan
penilaian terhadap cerita temannya. (menghargai prestasi)
5.
Siswa menjawab
pertanyaan yang terkait dengan cerita. (percaya diri)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(percaya diri)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menceritakan adat istiadat. (toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
pemahaman tentang adat setempat.
(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan materi
bercerita pada hari itu. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rentang Nilai
|
1. Unggah-ungguh basa sesuai
2. Kaidah/ tata cara bercerita
benar
3. Isi terpahami
|
5
3
2
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang wacana sastra. (rasa
ingin tahu)
2. Siswa
dan guru bertanya
jawab tentang manfaat dari membaca teks sastra. (rasa
ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa membaca dan mencermati
contoh cerita sastra. (gemar membaca)
Elaborasi
1. Siswa merumuskan isi cerita,
menjawab pertanyaan, dan mencoba memberikan tanggapan. (kerja keras)
2.
Cerita kedua diberikan kepada siswa sebagai bentuk uji
kompetensi membaca teks sastra.
(tanggung jawab)
3.
Secara individu, siswa mulai membaca
dan mencermati dengan seksama isi cerita. (toleransi)
4.
Siswa menuliskan tokoh-tokoh dalam bacaan sastra. (kreatif)
5.
Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan
dan memberikan tanggapan. (semangat kebangsaan)
6.
Siswa menuliskan kembali isi bacaan. (kerja keras)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(jujur)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi membaca teks. (toleransi)
3.
Siswa dan guru
saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca teks sastra.
(jujur)
2. Siswa menyimpulkan isi wacana
yang dibacanya. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
|

No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang membaca
indah tembang Dandhanggula. (rasa
ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi karya
sastra. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa memperhatikan
membaca indah tembang Dandhanggula yang dicontohkan guru. (disiplin)
2. Siswa
mendapatkan teks tembang Dandhanggula dari
guru.(tanggung jawab)
Elaborasi
1. Secara
bersama-sama siswa menembangkan tembang
dhandhanggula.(semangat
kebangsaan)
2. Secara
individu siswa menembangkan tembang Dandhanggula. (percaya diri)
3. Siswa
merumuskan isi, menjawab pertanyaan , dan memberikan tanggapan terhadap
kandungan tembang.(kreatif)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.(jujur)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi membaca indah tembang Dhandhanggula.(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca indah tembang
Dandhanggula.
(jujur)
2. Siswa menyimpulkan isi tembang
yang dibacanya.(kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Lafal, intonasi, dan irama tembang Dandhanggula sesuai.
|
50
|
2
|
Lafal, intonasi, dan irama tembang Dandhanggula kurang sesuai.
|
50
|
3
|
Lafal, intonasi, dan irama tembang Dandhanggula tidak sesuai.
|
25
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Pendahuluan (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang membaca
indah tembang Dandhanggula. (rasa
ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi karya
sastra. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa memperhatikan
membaca indah tembang Dandhanggula yang dicontohkan guru. (disiplin)
2. Siswa
mendapatkan teks tembang Dandhanggula dari
guru.(tanggung jawab)
Elaborasi
1. Secara
bersama-sama siswa menembangkan tembang
dhandhanggula.(semangat
kebangsaan)
2. Secara
individu siswa yang belum maju pada pertemuan pertama menembangkan tembang
Dandhanggula.
(mandiri)
3. Siswa
merumuskan isi, menjawab pertanyaan , dan memberikan tanggapan terhadap
kandungan tembang.(kreatif)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(jujur)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi membaca indah tembang Dhandhanggula.(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca indah tembang
Dandhanggula.
(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan isi tembang
yang dibacanya.(kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Lafal, intonasi, dan irama tembang Dandhanggula sesuai.
|
50
|
2
|
Lafal, intonasi, dan irama tembang Dandhanggula kurang sesuai.
|
50
|
3
|
Lafal, intonasi, dan irama tembang Dandhanggula tidak sesuai.
|
25
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang penguasaan
membaca huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat membaca
huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang membaca huruf Jawa. (disiplin)
Elaborasi
1. Siswa secara bergantian membaca
huruf Jawa yang diberikan guru. (tanggung jawab)
2. Siswa
melengkapi kalimat
rumpang dengan kata berhuruf Jawa yang
tepat. (kreatif)
3. Siswa yang lain
menyalin ke dalam huruf latin dan menjawab
pertanyaan. (kerja keras)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(jujur)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi membaca huruf Jawa.(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca huruf Jawa.(jujur)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
membaca huruf Jawa. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Bacaan lancar
|
100
|
2
|
Bacaan kurang lancar
|
75
|
3
|
Belum bisa membaca
|
25
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang penguasaan
membaca huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat membaca
huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang membaca huruf Jawa.(disiplin)
Elaborasi
1. Siswa yang belum
maju pada pertemuan pertama bergantian
membaca huruf Jawa yang diberikan guru. (demokratis)
2. Siswa
melengkapi kalimat
rumpang dengan kata berhuruf Jawa yang
tepat. (kerja keras)
3. Siswa yang lain
menyalin ke dalam huruf latin dan menjawab
pertanyaan. (kerja keras)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(mandiri)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi membaca huruf Jawa. (toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca huruf Jawa.(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
membaca huruf Jawa. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Bacaan lancar
|
100
|
2
|
Bacaan kurang lancar
|
75
|
3
|
Belum bisa membaca
|
25
|
No
|
Kegiatan
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang
hal yang berhubungan dengan menulis
karangan. (rasa ingin tahu)
2. Siswa dan guru bertanya jawab
tentang manfaat
menulis karangan.
(rasa ingin tahu)
3. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa
memperhatikan
penjelasan guru berkenaan dengan menulis karangan. (disiplin)
Elaborasi
1. Siswa berdiskusi dengan guru
mengenai tahapan dalam menulis karangan.
(rasa ingin tahu)
2. Siswa
menuliskan topik kerangka karangan.
(kerja keras)
3. Siswa menjabarkan
kerangka karangan ke dalam bentuk tulisan yang utuh. (kreatif)
4. Siswa
menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan menulis karangan. (kreatif)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(mandiri)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menulis karangan. (toleransi)
3. Siswa dan guru
saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman menulis karangan.
(jujur)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
menulis karangan.
(kreatif)
3.
Siswa
mencatat pesan/ tugas tentang rancangan materi berikutnya. (rasa
ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Isi runtut dan ejaan sesuai
|
100
|
2
|
Isi belum runtut dan ejaan
sesuai atau sebaliknya
|
75
|
3
|
Isi tidak runtut dan ejaan
tidak sesuai
|
0
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang
hal yang berhubungan dengan menulis
huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
2. Siswa dan guru bertanya jawab
tentang manfaat menulis huruf Jawa.
(rasa ingin tahu)
3. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa
memperhatikan
penjelasan tentang cara menulis angka huruf Jawa yang baik.(disiplin)
Elaborasi
1. Siswa bertanya
pada guru tentang kaidah penulisan angka Jawa. (rasa ingin tahu)
2. Siswa
mengurutkan angka Jawa yang disusun secara acak. (kerja keras)
3. Siswa menulis bacaan
yang di dalamnya memuat angka berhuruf Jawa 1 sampai 5. (kreatif)
4. Guru
mencocokkan pekerjaan siswa.
(menghargai prestasi)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(jujur)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menulis huruf Jawa. (toleransi)
3. Siswa dan guru
saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman menulis angka Jawa.
(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
menulis angka Jawa.
(kreatif)
3.
Siswa
mencatat pesan/ tugas tentang rancangan materi berikutnya. (rasa
ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Tulisan benar
|
100
|
2
|
Tulisan terdapat sedikit
kesalahan
|
75
|
3
|
Tulisan salah total
|
0
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang
hal yang berhubungan dengan menulis
huruf Jawa.
(rasa ingin tahu)
2. Siswa dan guru bertanya jawab
tentang manfaat menulis huruf Jawa.
(rasa ingin tahu)
3. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa
memperhatikan
penjelasan tentang cara menulis angka huruf Jawa yang baik. (disiplin)
Elaborasi
1. Siswa bertanya
pada guru tentang kaidah penulisan angka Jawa. (rasa ingin tahu)
2. Siswa
mengurutkan angka Jawa yang disusun secara acak. (kreatif)
3. Siswa menulis bacaan
yang di dalamnya memuat angka berhuruf Jawa 1 sampai 10. (kerja keras)
4. Guru
mencocokkan pekerjaan siswa.
(menghargai prestasi)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(mandiri)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menulis huruf Jawa. (toleransi)
3. Siswa dan guru
saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman menulis angka Jawa.
(jujur)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
menulis angka Jawa.
(kreatif)
3.
Siswa
mencatat pesan/ tugas tentang rancangan materi berikutnya.
(rasa ingin tahu)
|
- Teknik : Tes tertulis
- Bentuk Instrumen : Tes Uraian
- Soal/ Instrumen : Tulisen wacan aksara Jawa kang ngemot angka
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Tulisan benar
|
100
|
2
|
Tulisan terdapat sedikit
kesalahan
|
75
|
3
|
Tulisan salah total
|
0
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1. Apersepsi. (semangat kebangsaan)
2. Siswa dan guru
bertanya jawab tentang manfaat mendengarkan pidato. (rasa
ingin tahu)
3. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa mendengarkan dan
mencermati contoh pidato yang dibacakan oleh guru. (disiplin)
2. Siswa mencatat pokok-pokok pidato yang
dibaca guru.
(kreatif)
Elaborasi
1. Siswa memberikan tanggapan
terhadap pidato yang didengar. (semangat kebangsaan)
2. Pidato
kedua diperdengarkan pada siswa sebagai uji keterampilan menyimak. (jujur)
3. Secara individu siswa menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan pidato yang disimak. (percaya diri)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi mendengarkan pidato.(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman mendengarkan pidato.(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan materi
mendengarkan pidato
pada hari itu. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal (5 menit)
1. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang pidato. (rasa ingin tahu)
2. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang manfaat pidato. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
1.
Siswa memperhatikan contoh pidato yang diberikan oleh
guru. (disiplin)
Elaborasi
1. Masing-masing
siswa membuat peta pikiran tentang
pokok-pokok informasi yang akan disampaikan dalam pidatonya. (kerja keras)
2. Siswa
menuliskan naskah pidato dalam ragam bahasa Jawa krama. (kerja
keras)
3. Siswa
berpidato di depan kelas sesuai dengan peta pikiran yang dibuatnya. (percaya diri)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham. (rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi berpidato.
(toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Kegiatan akhir (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa tentang
pemahaman materi berpidato.(mandiri)
2. Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran berpidato hari itu. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas tentang
rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rentang
Nilai
|
1.
Pokok-pokok pidato jelas
2. Unggah-ungguh perilaku dan bahasa dalam
berpidato sesuai
3.
Lafal, intonasi, dan irama pidato jelas
|
3
5
2
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerita apa yang
dimiliki siswa yang berhubungan dengan peristiwa aktual sehari-hari. (rasa
ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat mencermati
berita aktual dalam kehidupan sehari-hari. (rasa
ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang materi cerita.
(disiplin)
2. Siswa mencatat pokok-pokok
cerita. (kreatif)
Elaborasi
1. Siswa
menyusun kerangka cerita.
(kerja keras)
2. Beberapa siswa bercerita di
depan kelas. (percaya diri)
3. Siswa yang lain memberikan
penilaian terhadap cerita temannya. (menghargai prestasi)
4.
Siswa menjawab
pertanyaan yang berkait dengan cerita. (kreatif)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menceritakan peristiwa aktual. (toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman bercerita. (mandiri)
2. Siswa menyimpulkan materi
bercerita pada hari itu. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rentang Nilai
|
1. Unggah-ungguh basa sesuai
2. Kaidah/ tata cara bercerita
benar
3. Isi terpahami
|
5
3
2
|
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang penguasaan
membaca huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat membaca
huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang membaca huruf Jawa. (disiplin)
Elaborasi
1. Siswa secara bergantian membaca
huruf Jawa yang diberikan guru. (disiplin)
2. Siswa
melengkapi kalimat
rumpang dengan kata berhuruf Jawa yang
tepat. (kreatif)
3. Siswa yang lain
menyalin ke dalam huruf latin dan menjawab
pertanyaan. (kerja keras)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi membaca huruf Jawa. (toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca huruf Jawa.
(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
membaca huruf Jawa. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Bacaan lancar
|
100
|
2
|
Bacaan kurang lancar
|
75
|
3
|
Belum bisa membaca
|
25
|
No
|
Kegiatan
|
1
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
budaya adat. (rasa ingin tahu)
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat dari melestarikan
budaya adat. (rasa ingin tahu)
3.
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa menyebutkan
budaya adat didaerah sekitarnya.
(semangat kebangsaan)
2. Siswa
menyebutkan dan
menuliskan topik bacaan. (kreatif)
Elaborasi
1. Siswa menuliskan kembali bacaan
ke ragam bahasa lain (ngoko / krama).(kerja
keras)
2. Siswa merumuskan isi bacaan, menjawab pertanyaan, dan
memberikan tanggapan. (kreatif)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi adat tradisi Jawa. (toleransi)
3.
Siswa
dan guru saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman membaca tatacara upacara adat. (mandiri)
2. Siswa menyimpulkan isi bacaan yang dibacanya. (kreatif)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
|

No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1.
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang
hal yang berhubungan dengan menulis
huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
2. Siswa dan guru bertanya jawab
tentang manfaat menulis huruf Jawa.
(rasa ingin tahu)
3. Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
siswa. (rasa ingin tahu)
|
b.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Siswa
memperhatikan
penjelasan tentang cara menulis aksara
rekan yang baik.
(disiplin)
Elaborasi
1. Siswa bertanya
pada guru tentang kaidah penulisan huruf Jawa. (rasa ingin tahu)
2. Siswa menulis bacaan
yang di dalamnya memuat aksara rekan.(kerja keras)
3. Guru
mencocokkan pekerjaan siswa.
(menghargai prestsi)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menulis huruf Jawa. (toleransi)
3. Siswa dan guru
saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami. (bersahabat/komuniktif)
|
c.
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman menulis aksara
rekan.(mandiri)
2. Siswa menyimpulkan isi materi
menulis aksara
rekan.
(kreatif)
3.
Siswa
mencatat pesan/ tugas tentang rancangan materi berikutnya.
(rasa ingin tahu)
|
Kriteria
|
Rekap Nilai
|
|
1
|
Tulisan benar
|
100
|
2
|
Tulisan terdapat sedikit
kesalahan
|
75
|
3
|
Tulisan salah total
|
0
|
No
|
Kegiatan
|
1
|
Kegiatan
awal (5 menit)
1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
menulis pidato. (rasa ingin tahu)
2. Guru menyampaikan manfaat menulis teks pidato. (rasa
ingin tahu)
3. Guru menyampaikan kompetensi
dasar tujuan
pembelajaran yang akan dicapai siswa. (rasa ingin tahu)
|
2
|
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan tentang hal-hal yang perlu ditulis dalam pidato.
2. Siswa mencatat hal-hal penting
yang perlu ditulis dalam pidato.
Elaborasi
1. Siswa mencermati contoh pidato yang disediakan oleh guru.
(disiplin)
2. Secara individu siswa menulis teks
pidato sesuai unggah-ungguh yang ditentukan. (kerja
keras)
3. Hasil kerja siswa dikumpulkan
sebagai rekaman pembelajaran oleh guru. (menghargai prestasi)
Konfirmasi
1. Siswa bertanya
kepada guru tentang
materi yang belum paham.
(rasa ingin tahu)
2. Guru mengonfirmasi siswa yang
belum memahami materi menulis pidato. (toleransi)
2. Siswa dan guru
saling berdiskusi tentang materi yang belum dipahami.(bersahabat/komuniktif)
|
3
|
Penutup (5 menit)
1. Guru bertanya pada siswa
tentang pemahaman menulis pidato. (mandiri)
2. Guru memberikan penguatan dan
evaluasi tentang hasil kerja siswa yang kurang baik. (tanggung jawab)
3. Siswa mencatat pesan/ tugas
tentang rancangan materi berikutnya. (rasa ingin tahu)
|
No
|
Kriteria
|
Rentang Nilai
|
1
|
a.
Maksud/ informasi tersampaikan.
b. Unggah-ungguh bahasa sesuai
c.
Ejaan penulisan
benar
|
3
5
2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar