Breaking

Senin, Juni 25, 2012

Bagaimana Cara Membuat Kode HTML di Blog

Kode HTML
Contoh kode HTML
Kali ini Belajar SEO akan berbagi tutorial “Bagaimana Cara Membuat Kode HTML di Blog“. Ada beragam cara menulis / cara menampilkan kode HTML di blog yang dapat kita lakukan. Cara menulis kode HTML di blog ini perlu diketahui terutama jika Anda menulis artikel tutorial dan ingin menampilkan cara menuliskan kode HTML tertentu, seperti artikel cara membuat sms gratis di blog atau cara membuat read more wordpress otomatis ini. Untuk lebih jelasnya kita gunakan contoh kasus saja ya… Misal Anda ingin menulis tutorial cara membuat kode HTML untuk menampilkan daftar bernomor seperti ini:

<h4>Kode HTML untuk daftar bernomor (ordered list)</h4>
<ol>
<li>Satu</li>
<li>Dua</li>
<li>Tiga</li>
</ol>
Jika kita mengetikkan kode tersebut, maka hasilnya adalah:

Membuat Kode HTML untuk daftar bernomor (ordered list)

  1. Satu
  2. Dua
  3. Tiga
Cara Membuat Kode HTML di Blog
Editor posting mode Visual
Ada beberapa karakter yang jika diketikkan di artikel akan diterima oleh browser sebagai tag HTML seperti tanda lebih besar (>) dan lebih kecil (<). Maka untuk menuliskan kode html tersebut diperlukan konversi untuk HTML entities-nya (entity name atau entity number). Nah, untuk membuat kode HTML tampil di blog (bukan hasilnya) silakan ikuti langkah berikut:
  1. Ketikkan langsung kodenya di editor postingan dengan menggunakan MODE VISUAL, mengetikkan kode HTML pada mode HTML akan membuat kode HTML itu dieksekusi dan ditampilkan hasilnya.
  2. Mengetikkan nama/nomor entity dari simbol kode HTML di editor postingan dengan menggunakan MODE HTML.
    &lt;h4&gt;Kode HTML untuk daftar bernomor (ordered list)&lt;/h4&gt;
    &lt;ol&gt;
    &lt;li&gt;Satu&lt;/li&gt;
    &lt;li&gt;Dua&lt;/li&gt;
    &lt;li&gt;Tiga&lt;/li&gt;
    &lt;/ol&gt;
  3. Menggunakan tools online untuk parse kode HTML dari blogcrowds. Kita hanya perlu menuju ke situs blogcrowds, copy kode HTML yang akan kita tampilkan, lalu klik tombol Parse. Setelah berhasil, akan muncul teks “Your code has been parsed, copy & paste into your template code”. Kita tinggal menyalin saja HTML code itu ke artikel yang dituju.
    Parse kode HTML dari blogcrowds
    Parse kode HTML di blogcrowds.com
  4. Menggunakan tools online untuk encode kode HTML dari centricle. Caranya sama dengan blogcrowds, karena situs ini juga menyediakan tools untuk mengkonversi kode HTML. Yang membedakan adalah di centricle tombol yang disediakan ada 2 yaitu “encode” dan “decode”, sehingga kita bisa melakukan proses 2 arah dari kode html menjadi teks atau sebaliknya.
    Encode html dari centricle.com
    tools untuk encode/decode HTML dari centricle.com
Nah, sekarang sudah tahu Bagaimana Cara Membuat Kode HTML di Blog khan? Jika Anda ingin mengetikkan langsung maka diperlukan tabel kode HTML/ HTML entities untuk mempermudah konversi kode HTML tersebut. Selamat berkreasi… Jika Anda punya tips lain, silakan berbagi via komentar yaaa…